Rabu, 07 Oktober 2015

Benarkah Kata Itu ?

Awali perjumpaan dengan salam, Assalamu'alaikum, selamat sore kawan-kawan, semoga sehat selalu. Di sore yang cerah nan panas ini saya akan sedikit mengulas tentang beberapa penulisan bahasa indonesia yang kurang benar bahkan sebagian rancu (mengandung makna ganda). Ternyata banyak sekali masyarakat kita yang belum sadar betul tentang bahasa indonesia yang sesuai kaidah. Gak percaya ?? Ini buktinya..silakan disimak !

1. TERTIP atau TERTIB ?

Ini dia pembahasan awal kita, benarkah kata ''TERTIP'' diakhiri huruf ''P'' ? Menurut kamus besar bahasa indonesia yang benar menggunakan akhiran huruf ''B''.

2.APOTIK atau APOTEK ?
Banyak sekali kesalahan penulisan pada kata ini. Lalu yang benar yang mana ? Ternyata eh ternyata , dalam kamus besar bahasa indonesia tidaka ada kata ''APOTIK'', yang ada ialah kata ''APOTEK''.
( mungkin kawan-kawan ingat orang yang bekerja di apotek itu disebut apa ? yak ! Betul sekali, namanya APOTEKER bukan APOTIKER. )

3. PRAKTEK atau PRAKTIK ?

 Nah, untuk yang ini, mungkin kalian juga tidak menyadari bahwa penulisan kata ini ternyata salah. ya, kata ''PRAKTEK'' tidak akan kalian temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena di kamus itu yang tertulis adalah kata''PRAKTIK''. Tidak percaya ? Oke kita buktikan, pernahkah kalian pergi ke laboratorium ? Ruangan yang digunakan untuk praktik namanya apa ? Benar sekali, namanya Ruang Praktikum bukan Ruang Praktekum. hahahaha....

4. SILAHKAN atau SILAKAN ?





Untuk yang satu ini bukan kata yang asing lagi ditelinga kita, mungkin kalian juga sering melihat, mendengar, bahkan mengucapkannya. Lalu mana yang benar, menurut KBBI tidak ada kata ''SILAHKAN'' yang ada ialah kata ''SILAKAN''. Di ambil dari kata dasar ''SILA'' yang mempunyai makna sudilah kiranya(kata perintah yang halus), dan di beri akhiran ''...kan''.

5. KUITANSI atau KWITANSI ?




Oke, untuk yang ini juga sering sekali kita menjumpai kata ini, lalu manakah yang benar ? Jawabannya ternyata ''KUITANSI'' bukan ''KWITANSI. Silakan cek di kamus bahasa Indonesia.

Baiklah mungkin cukup sampai disini dulu , untuk kelanjutannya kita berjumpa lagi di postingan berikutnya tentang bahasa yang mungkin belum kalian sadari. oke, sekian dan semoga bermanfaat. amien. Selamat sore....byeee....

1 komentar:

  1. Untuk kalimat berikut yang saya ambil dari blogspot ini :
    Di ambil dari kata dasar ''SILA'' yang mempunyai makna sudilah kiranya(kata perintah yang halus), dan di beri akhiran ''...kan''.

    Yang betul "diambil" (tanpa spasi), bukannya "di ambil".
    Juga pada "di beri", yang betul "diberi".
    Terima kasih.

    BalasHapus